Unit Layanan Paspor di WTC Matahari Serpong Diresmikan

Unit Layanan Paspor di WTC Matahari Serpong Diresmikan

Airin menyampaikan apresiasinya terhadap adanya pelayanan paspor di mal Serpong.

REPUBLIKA. CO. ID, TANGERANG – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham meresmikan layanan paspor di WTC Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel, ) Banten, Selasa (20/10). Direktur Kerja Sama Keimigrasian Ditjen Imigrasi Kemekumham, Rohadi Keyakinan Santoso menjelaskan, unit layanan paspor (ULP) di WTC Matahari Serpong tersebut merupakan bentuk kemudahan dengan diberikan oleh Keiimigrasian terhadap kelompok.

Rohadi berpendapat, klub Tangsel memiliki mobilitas yang tinggi sehingga adanya ULP di kawasan mal seperti itu bisa menunjukkan keleluasaan dan keterjangkaun dalam mebuat paspor. “Sebenarnya ada banyak sekali daerah yang melakukan permohonan terkait dengan penyediaan ULP ini, ” kata Rohadi dalam siaran yang dikutip pada Rabu (21/10).

Situasi pandemi Covid-19 masa ini, kata Rohadi juga menjadi faktor diperbanyaknya cabang pelayanan pengurusan paspor. Pasalnya, di setiap cabang diharuskan memenuhi protokol kesehatan sehingga tidak boleh ada penumpukan pada saat melakukan permohonan dan pelayanan administrasi.

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang turut hadir dalam agenda peresmian sekaligus perjanjian kerja sama ULP di WTC Matahari Serpong tersebut, menyampaikan apresiasinya terhadap adanya pelayanan paspor di mal. Dia memperhitungkan, ULP tersebut bisa menjadi pilihan bagi warga Tangsel yang nantinya membuat paspor untuk kebutuhan mobilisasi.

“Dengan situasi saat ini, maka ini jadi pilihan. Dengan banyaknya cabang, akan menekan antrean. Bisa semakin jaga jangka, ” kata Airin. Dia memasukkan, cabang pelayanan keimigrasian tersebut serupa turut mendongkrak perekonomian.

Sebelumnya, Airin menyampaikan, Pemkot Tangsel melakukan inovasi dengan membuka bagian pelayanan perekaman data administrasi warga di beberapa mal. Dia mengeklaim, layanan tersebut mendapat sambutan dengan baik dari masyarakat karena menyediakan lebih banyak titik pelayanan yang lebih luas jangkauannya.