Trik Berbicara di Dalam Forum Daring

Trik Berbicara di Dalam Forum Daring

Ketika berbicara secara daring pun ada yang menunjukkan ketiddaktertarikan.

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Republika kembali menggelar Diklat Inspiratif. Buat mendukung pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), agenda berlangsung dengan daring melalui zoom dan menetapkan tajuk Tetap Kreatif Saat Ramadhan.

Direktur Kehumasan dan Urusan Internasional Universitas Amikom Yogyakarta, Erik Hadi Saputra dalam kesempatan itu menilai hari itu memang harus terbiasa berbicara secara daring. Karenanya, penting mempelajari teknik-teknik dalam daring.

“Agar kita tahu gestur-gestur orang asing ketika kita berbicara, ” ujar Erik.

Dia biar membagikan tips-tips menerobos alam kolong sadar. Termasuk, yang dapat dilakukan secara daring. Erik menekankan, seorang tidak akan sukses menguasai lawan bicaranya ketika orang lain tidak melihat ketertarikan dari pembicara itu sendiri. Karenanya, ia menyarankan agar kita menunjukkan dulu ketertarikan buat berbicara.

“Kita tak pernah sukses bicara kepada orang lain kalau kita tidak tunjukkan ketertarikan ketika berbicara kepada itu, ” ujar Erik, mengutip Larry King.

Selain tersebut, Erik mengingatkan, ketika berbicara dengan daring ada ciri-ciri dari melayani bicara yang menunjukkan dirinya tidak tertarik. Salah satunya saat karakter menghilangkan wajahnya dari layar atau seakan-akan sinyalnya terganggu.

Ketika mendapati situasi seperti tersebut, Erik menyarankan agar pembicara tak sungkan untuk bergantian dengan pembicara lain. Erik menilai, ciri-ciri bagaikan itu perlu dipelajari dan dipahami ketika kita bicara secara daring.

“Kita harus melancarkan teknik-teknik itu agar kita tahu gestur-gestur orang lain ketika kita berbicara, ” ujar Erik.