Tim SAR Temukan Anak Korban Tenggelam di Sungai Plosokerep

Tim SAR Temukan Anak Korban Tenggelam di Sungai Plosokerep

Pencarian dilakukan hingga di daerah DAM Mojokerep.

REPUBLIKA. CO. ID, KEDIRI — Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan menemukan NP (12), awak Desa Cangkirrejo yang dilaporkan masuk di Sungai Plosokerep, Desa Janti, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kepala SAR Surabaya, I Wayan Suyatna yang terjun ke lapangan mengatakan, Novel ditemukan dalam kondisi meninggal di lokasi dengan berjarak sekitar 13 kilometer dari lokasi kejadian.

Tempat ditemukannya jenazah berada pada koordinat 7° 39′ 33. 4224″ S 112° 8′ 22. 0596″ E. Tim SAR gabungan kemudian mengungsikan jenazah NP dan membawanya ke Posko SAR. Selanjutnya jenazah diserahkan kepada pihak kepolisian dan pihak keluarga untuk proses lebih tinggi.

“Dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan sebanyak dua SRU (Search and Rescue Unit) untuk melayani pencarian, baik di sungai maupun di darat, ” kata Wayan, Jumat (19/6).

Dia menjelaskan, upaya pencarian di Kali Plosokerep dilakukan dengan menggunakan sekoci karet. Pencarian dilakukan hingga di daerah DAM Mojokerep, yang berpisah sekitar 6, 5 kilometer lantaran lokasi tenggelamnya korban.

Pencarian dilakukan dengan teknin manuver perahu karet di beberapa bercak yang dicurigai. Manuver ini dimaksudkan untuk menimbulkan gelombang air sungai, sehingga posisi korban yang diduga berada di dasar sungai, sanggup terangkat ke permukaan.

Saat yang bersamaan, SRU ke-2 melakukan pencarian melalui jalur darat, dengan menyisir sepanjang bantaran Sungai Plosokerep hingga di daerah Jembatan Sono. Jarak yang ditempuh kira-kira tiga kilometer dari lokasi kejadian.

Wayan mengungkapkan, upaya pencarian melibatkan peran serta sebesar pihak. Di antaranya tim berdiam Pos SAR Trenggalek, Polsek Membentangkan, Koramil Papar, BPBD Kota Kediri, BPBD Kabupaten Kediri, Banser Kediri, Basarta Tulungagung, Senipati, SAR Singowande, FPBI Nganjuk, RAPI, dan warga sekitar.