Tim SAR Evakuasi Korban Tenggelam dalam Pantai Pangumbahan

Tim SAR Evakuasi Korban Tenggelam dalam Pantai Pangumbahan

Target yang bernama Zayyan Dhiandra (18 tahun) sebelumnya tenggelam pada Jumat (7/8).

REPUBLIKA. CO. ID, SUKABUMI — Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang wisatawan yang tenggelam di Miring Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dalam keadaan meninggal dunia Satu (9/8). Korban ditemukan pada sinar 2 NM dari lokasi perkara pada pukul 17. 10 WIB.

Korban yang bernama Zayyan Dhiandra (18 tahun) sebelumnya tenggelam di dalam Jumat (7/8) sekitar pukul 17. 45 WIB ketika sedang berenang bersama seorang rekannya di Miring Pangumbahan. Korban adalah salah seorang wisatawan yang berasal dari Bintaro, Tangerang Selatan, yang sedang berlibur di kawasan pantai wisata tersebut.

“Korban dievakuasi atas kerjasama tim SAR gabungan dalam upaya pencarian dalam hari ini dan akhirnya korban ditemukan Minggu petang tadi, ” ujar Hendra Sudirman, Kepala Pejabat Pencarian dan Pertolongan Jakarta demi SAR Mission Coordinator (SMC) di operasi SAR. Jasad korban dilakukan proses evakuasi menuju RSUD Jampang Kulon.

Hendra mengungkapkan, pihaknya menyampaikan jarang cita yang mendalam kepada suku korban atas kejadian yang menimpa diri korban. Selain itu berpetaruh kepada para wisatawan maupun umum agar memperhatikan faktor keselamatan seandainya sedang melakukan kegiatan maupun aktifitas di pinggir pantai agar perkara ini tidak terulang kembali.

Sebelumnya kata pendahuluan Hendra, pada Ahad pagi tadi tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian terhadap korban yang telah memasuki hari ketiga dengan membelah area pencarian menjadi tiga. Pada mana SRU (Search rescue unit) pertama melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu jukung dengan umum area pencarian kurang lebih 1 NM di sekitar lokasi perkara.

SRU kedua melakukan pencarian dengan menyerempet melalui jalur udara menggunakan drone. Terakhir SRU ketiga melakukan pekerjaan dengan pengamatan visual melalui belang darat di sepanjang bibir miring hingga sejauh 2 KM sebab lokasi kejadian.

Menurut Hendra, puluhan personil SAR gabungan pun dilibatkan di dalam upaya pencarian terdiri dari Pangkalan SAR Sukabumi, Polsek Ciracap, BPBD Kabupaten Sukabumi, Koramil Surade, Polair Polres Sukabumi, Pos TNI AL Ujung Genteng, PMI Kabupaten Sukabumi. Selain itu HNSI, SAR Drone Jabar, IEA Sukabumi, RAPI, BPPW Jabar, PUPR Jabar, Sarda Sukabumi, SAR MTA, Komunitas Jampang Peduli, Balawista Ujung Genteng, serta asosiasi setempat.