009012700-1584510326-830-556

Skema Penguatan JISDOR Dilaksanakan Mulai 5 April 2021

JISDOR merepresentasikan kurs rupiah terhadap dolar AS dari transaksi antarbank.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Bank Indonesia menguatkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) untuk meningkatkan kredibilitas pasar valas domestik. Besar Departemen Pengembangan Pasar Keuangan BI Donny Hutabarat mengatakan penguatan tersebut juga dinilai dapat mendukung kemantapan nilai tukar di Indonesia.

“Implementasi penguatan JISDOR Ini mau berlaku efektif sejak tanggal 5 April 2021, ” katanya dalam Konferensi Pers Virtual Penguatan JISDOR, Rabu (3/2).

Keputusan tersebut sebagai salah satu langkah untuk mendukung percepatan pendalaman pasar keuangan, sesuai dengan hasil Kerap Dewan Gubernur (RDG) Bank Nusantara bulan Januari 2021. Donny mengucapkan penyesuaian ini juga salah satunya berdasarkan perbandingan dengan beberapa negeri, seperti Korea Selatan, Turki, serupa Meksiko.

Di saat ini hingga dua bulan kedepan pelaku pasar dapat mulai menyesuaikan sebelum pemberlakuan resmi. JISDOR merepresentasikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat lantaran transaksi antarbank di pasar valuta asing. Termasuk transaksi dengan bank di luar negeri dan diperkuat dalam dua aspek.

Pertama, periode pemantauan transaksi pembentuk JISDOR mengalami perubahan dari awal pukul 08. 00 WIB datang dengan 09. 45 WIB menjelma pukul 08. 00 WIB datang dengan 16. 00 WIB. Perubahan tersebut membuat JISDOR lebih mencerminkan transaksi spot yang terjadi sepanjang hari.