foto-aerial-kawasan-ibu-kota-negara-baru-di-kecamatan-_190910233827-523

Seskoad Analisis Gelar Kekuatan Matra Darat di Ibu Praja Baru

TNI AD meneliti pembangunan ibu kota negara pada Penajam Paser Utara & Kutai Timur.

REPUBLIKA. CO. ID, SAMARINDA — Tim Sekolah Staf dan Komando Tentara Darat (Seskoad) mengadakan penelitian dan pengembangan khusus pertahanan (litbanghan) gelar kekuatan matra darat di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Seskoad telah membentuk tim litbanghan analisis gelar kekuatan matra darat terkait pembangunan pokok kota negara (IKN) terakhir di Kaltim, ” cakap Kolonel Czi Dian Hendriana Surachman saat melakukan kunjungan di kantor Gubernur Kaltim, di Kota Samarinda, Selasa (24/3).

Awak dipimpin Kabid Jianbangdik Seskoad Kolonel Czi Dian Hendriana Surachman didampingi Kolonel Chb Muhammad Muhson, Letkol Inf Amir Ma’ruf, dan Asep Cahyawan diterima Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim HM Jauhar Efendi di Ruang Rapat Tepian 2 Kantor Gubernur Kaltim.

Dian menjelaskan, secara keseluruhan ada empat tim yang dibentuk Seskoad, terdiri dua tim di Jakarta terkait kebijaksanaan pemerintah pusat terkait IKN di Kaltim. Kemudian besar tim turun ke Kaltim, dan yang satu tim di Balikpapan mengarah ke Polda Kaltim, Pemkot Balikpapan, dan Kodam VI/Mulawarman. “(Rabu) Besok, kita ke Kutai Kartanegara, ” kata Dian.

Dia mengutarakan, tim Litbanghan berada dalam Kaltim selama empat hari, yaitu pada 22-25 Maret 2021 terkait penyiapan menggelar pasukan matra darat untuk mendukung dan penyangga IKN baru. Terhadap kegiatan awak litbanghan Seskoad, Jauhar mengirimkan, Pemprov Kaltim memberikan sokongan penuh.

“Karena itu, kita siap menganjurkan data-data apa saja yang diperlukan, ” ujar Dian. Dia berharap penelitian itu menjadi dasar kebijakan dengan lebih baik dalam percepatan pembangunan IKN di Kaltim, meliputi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.