Sederhananya Kamar Rasulullah SAW

Sederhananya Kamar Rasulullah SAW

REPUBLIKA. CO. ID, Kamar Rasulullah adalah tempat yang dihuni nabi muhammad bersama Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar Shiddiq.

Posisinya berada dalam tenggara Masjid Nabawi. Kamar itu dibangun bersamaan dengan pembangunan Masjid Nabawi. Bahan bakunya terdiri lantaran tanah liat, batu bata, & pelepah kurma, lalu ditutup secara kain bulu hewan.

Luasnya tidak lebih dari 3, 5 meter x 5 meter. Pintunya terbuat sejak kayu jinten saru (Juniperus Communis) atau jati yang menjadi timah menuju Raudhah di dalam masjid. Rasulullah wafat dan dimakamkan pada arah kiblat kamar ini. Setelah itu, bagian utara kamar ini menjadi kediaman Aisyah.

Ketika wafat, Tepung Bakar dimakamkan di samping Nabi dengan jarak 1 hasta. Status kepalanya sejajar dengan pundak Nabi. Ketika Umar bin Khattab wafat, dia dimakamkan di dekat Duli Bakar dengan jarak 1 hasta. Posisi kepalanya sejajar dengan bahu Abu Bakar.

Zaman itu, bagian utara masih langsung menjadi tempat tinggal Aisyah hingga akhir hayatnya. Ketika Aisyah wafat, dia dimakamkan di Baqi’. Setelah tersebut, tak ada lagi yang menghuni kamar Rasulullah.