petugas-kesehatan-melakukan-tes-cepat-antigen-kepada-pemudik-saat_210515130737-830

Polda Jatim Gelar Tes Segera Acak di Pos Pembatasan Mudik

Jajaran Polda Jatim dalam hari ini melakukan pembatasan secara serentak.

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA — Kepolisian Wilayah Jawa Timur (Polda Jatim) melakukan tes cepat dengan acak kepada para pengguna jalan di pos pembatasan yang didirikan pada kurun larangan mudik Hari Sundal Idul Fitri 1442 Hijriah. Jajaran Polda Jatim pada hari ini juga mengabulkan penyekatan secara serentak.

“Tes kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi penyaluran Covid-19, ” ujar Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Jatim AKBP M Rofik, di Surabaya, Sabtu (15/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan Polda Jatim melakukan penyekatan dengan serentak pada hari tersebut untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat yang hendak keluar dari wilayah setempat selama Idul Fitri. “Penyekatan serentak ini dimulai sejak Sabtu dini hari pukul 00. 00 WIB, ” ujarnya pula.

Rofik menyampaikan, selama periode kekangan mudik ada penyekatan pada sembilan batas provinsi, 20 batas antarkota/kabupaten dan 45 gerbang tol yang tersedia di Jatim. “Pengguna ustaz harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, yaitu membawa surat tugas, dan tulisan bebas dari Covid-19 atau bukti tes usap ataupun tes cepat antigen, had Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), ” kata dia teristimewa.

Sejumlah aparat gabungan dari TNI, Polri, hingga Dishub tetap disiagakan di sejumlah titik yang ada. Diharapkan masyarakat mampu mematuhi imbauan pemerintah terpaut larangan mudik, demi membinasakan mata rantai penularan Covid-19.

Pada bagian lain, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta keadaan ini melakukan peninjauan ke sejumlah tempat wisata, salah satunya Jatim Park 3 di Kota Batu bergabung pejabat forkopimda lainnya. Pada kesempatan tersebut, Kapolda menyungguhkan protokol kesehatan di letak wisata dilakukan oleh manajer dan dipatuhi oleh pengunjung.

sumber: Antara