Petugas Ngebut Tewaskan Ibu Muda pada Pasar Minggu Masih Saksi

Petugas Ngebut Tewaskan Ibu Muda pada Pasar Minggu Masih Saksi

Aiptu Imam Chambali sempat bersenggolan dan cekcok dengan pengendara Hyundai HN.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Mobil Innova yang dikendarai Aiptu Imam Chambali, polisi dari satuan Pengamanan Objek Vital Polda Metro Jaya, menabrak tiga pemotor di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (25/12). Lupa seorang korban, ibu muda berinisial PL (30 tahun), tewas seketika dalam kejadian naas itu.

Lantaran melibatkan aparat kepolisian, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya segera mengambil alih kasus itu. Olah tempat kejadian perkara (TKP) ulang pun dilakukan pada Jumat malam.

Pada Sabtu (26/12) pagi, Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menyelenggarakan olah TKP. Namun demikian, Aiptu Imam Chambali belum ditetapkan sebagai tersangka.

“Saat itu anggota polisi atas nama H (Imam Chambali) dan juga kelompok yang pakai mobil Hyundai atas nama HN statusnya masih sebagai saksi, ” kata Direktur Lulus Lintas (Dirlantas) Polda Metro Hebat Kombes Sambodo Purnomo Yogo di lokasi kejadian, Sabtu.

Sambodo mengatakan, penetapan tersangka pada kasus itu itentukan usai melangsungkan perkara. “Karena kecelakaan lalu lin Innova menabrak 3 sepeda mesin itu ternyata tidak berdiri sendiri, ” kata Sambodo.

Kecelakaan naas itu memang didahului oleh sejumlah peristiwa. Sebelum kecelakaan maut itu, mobil Innova yang dikemudikan Aiptu Imam diketahui tahu bersenggolan dengan mobil Hyundai dengan dikendari HN (25 tahun). Keduanya sama-sama melaju dari arah Pejaten menuju Pasar Minggu.

Senggolan mobil itu berujung bentrok. Keduanya sama-sama berhenti di Ulama Raya Ragunan, tepatnya di ajaran SMAN 28. Keduanya terlibat adu mulut. Tak lama berselang, HN memilih untuk pergi dan melaju kencang dengan mobilnya.

Aiptu Imam lantas berupaya mengejar HN dan juga memacu mobil Innova-nya. Seperti sudah diketahui, aksi kejar-kejaran itu berakhir tragis. Mobil Aiptu Imam terpental ke jalur bertentangan setelah menabrak pembatas jalan. Mobil Innova itu lantas menghantam 3 pengendara sepeda motor.

Akibatnya, dua pengendara mengalami luka-luka. Sedangkan ibu muda PL tewas seketika. Sambodo melanjutkan, lantaran bala itu tak berdiri sendiri, pihaknya pun melibatkan tim Traffic Accident Analysis untuk memahami semua runtutan kejadian.

Tim itu, kata dia, melaksanakan analisis berdasar keterangan saksi dan bukti yang telah dikumpulkan. Sejauh ini, kata Sambodo, sudah enam saksi yang diperiksa. Pihaknya serupa telah mendapatkan rekaman kamera CCTV saat kecelakaan. “Video CCTV secara jelas memperlihatkan bagaimana terjadinya bala tersebut, ” ucapnya.

Sambodo menambahkan, pihaknya juga jadi mendapatkan rekaman kamera CCTV dengan memperlihatkan adegan kejar-kejaran dan serempetan antara mobil yang dikendari Aiptu Imam dan HN. “Kejadian serempetan itu termonitor di kamera CCTV, ” kata Sambodo.