Persib Buat Panduan Protokol Kesehatan Selama Latihan

Persib Buat Panduan Protokol Kesehatan Selama Latihan

Tes virus corona itu sebagai persiapan Persib untuk kembali menjalani latihan rutin.

REPUBLIKA. CO. ID, BANDUNG — Persib Bandung menyelesaikan tes swab PCR periode kedua di Graha Persib, Berkepanjangan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (10/7). Tes virus corona tersebut jadi persiapan Persib untuk kembali melakukan latihan rutin.

Persib memang belum membuat jadwal latihan rutin. Namun dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani menyebut telah membuat panduan protokol kesehatan era latihan.

“Jadi nyata saya sudah buat protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru sepak bola di tim Persib Bandung. Acuannya tetap ke PSSI pusat, PSSI Jabar, WHO dan Kemenkes, ” kata Raffi usai tes.

Raffi menyebut yang terutama dari panduan protokol kesehatan adalah esensinya. Berbagai hal perlu dilakukan agar virus corona tidak merembet dalam tim. “Makanya saya selalu memberikan pengarahan pada pelatih, pemain, dan ofisial agar mereka mampu mengetahui esensi protokol kesehatan dengan kami lakukan sama-sama, ” katanya.

Protokol kesehatan dasar perlu sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Menurut Raffi, yang pertama dari protokol kesehatan adalah cara hidup sehat.

“Karena yang terpenting adalah bagaimana caranya agar tidak tertular, jangan tersentuh droplets, kalau terkena ya basuh tangan dengan sabun dan jaga jarak bicara. Jika kita menyimak protokol dengan baik, insya Allah kita menang lawan covid 19, ” kata Raffi menjelaskan.