Pemulung Kolong Jembatan Pegangsaan akan Dipindah ke RusunÂ

Pemulung Kolong Jembatan Pegangsaan akan Dipindah ke RusunÂ

Keputusan mengubah kolong jembatan itu tidak karena kunjungan Mensos Risma.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) akan mengubah kolong jembatan di Jalan Pemberitahuan, Kelurahan Pegangsaan, Menteng, menjadi taman. Para pemulung yang biasa tinggal di sana nantinya bakal dipindahkan ke rumah susun (rusun).

“Tunawisma yang biasa tinggal di sana akan dicarikan rusun oleh Suku Dinas Perumahan Jakpus, ” kata Plh Wali Tanah air Jakpus, Irwandi kepada Republika , Senin (4/1).

Kendati demikian, Irwandi menegaskan, kalau keputusan mengubah kolong jembatan itu bukan karena kunjungan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini ke kian awal pekan lalu. “Bukan karena Bu Risma. Tidak ada kaitannya, ” kata dia.

Irwandi menjelaskan, keputusan untuk menyulap kolong jembatan yang berlokasi di belakang kantor Departemen Sosial itu sudah direncanakan semenjak lama. Sebab, kolong jembatan itu sangat kumuh dan pemulung di sana selalu membandel ketika ditertibkan.

Nantinya, lanjut dia, kolong jembatan tersebut akan dibuat menjadi taman rekreasi dan interaksi. Desainnya akan dibuat serupa Terowongan Kendal yang berlokasi di dekat Stasiun Sudirman, Jakpus. Pengerjaannya telah dimulai dan ditargetkan rampung pada Februari mendatang.

Diketahui sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi kolong jembatan itu untuk menderita sejumlah tunawisma yang tinggal dalam sana, Senin (28/12/2020). Risma pula meminta para tunawisma, yang kebanyakan bekerja sebagai pemulung itu, buat pindah ke Balai Karya yang disiapkan Kemensos.