La Liga Spanyol akan Berinovasi pada Siaran Langsung

La Liga Spanyol akan Berinovasi pada Siaran Langsung

Perubahan demi meningkatkan pengalaman menonton untuk seluruh penggemar La Liga dalam rumah

REPUBLIKA. CO. ID, MADRID — Perlombaan elit La Liga Spanyol cukup merencanakan perubahan besar terkait benar siar televisi dalam pertandingan yang dimainkan secara tertutup akibat pandemi virus corona. Dengan absennya para penonton di stadion, otoritas La Liga dan Mediapro selaku pemegang hak siar Liga Spanyol, mencari jalan merancang rencana inovatif demi memajukan pengalaman menonton bagi seluruh penggemar di rumah.

Dilansir ESPN , Selasa (21/4), beberapa langkah sudah disiapkan yaitu menampilkan percakapan antarpemain, pelatih, dan wasit selama pertandingan. Hal teknis lain adalah memberikan sudut kamera yang akan disesuaikan layaknya seperti sedang menyaksikan lag di stadion. Sedangkan, kursi angin juga akan ditutup dengan terpal demi mengurangi dampak visual.

Salah satu langkah yang tidak dianggap sebagai pertimbangan adalah penggunaan suara kerumunan yang direkam untuk menciptakan suasana buatan, seperti yang sebelumnya telah digunakan dalam perlawanan tanpa penonton.

Perencanaan sedang dalam tahap awal serta kedua klub dan pemain menetapkan menandatangani gagasan tersebut, meskipun sumber di La Liga mengatakan pada ESPN, mereka optimistis hal itu dapat terwujud.

Jumlah personel di dalam stadion akan betul terbatas seperti yang diatur secara rinci dalam protokol La Gabungan saat musim kembali bergulir.

Salah satu perhatian utama La Liga dalam semua tersebut, selain keamanan semua pihak, merupakan untuk memastikan bahwa nilainya sebagai produk hiburan tidak terlalu terpengaruh oleh tidak adanya keramaian pengikut. Ada juga harapan bahwa menambahkan nilai kebaruan dengan diperkenalkannya elemen-elemen baru akan memberi jalan buat mengimbangi kurangnya atmosfer.

Pemerintah Spanyol dan otoritas kesehatan setempat belum mengonfirmasi tanggal kembalinya kompetisi La Liga 2019/2020. Ada kabar awal Juni nanti dianggap tanggal yang cocok untuk memainkan pertandingan.

Apabila persaingan kembali berlangsung, pertandingan nanti diperkirakan bakal tanpa kehadiran penonton pedengan tertutup. Hal itu demi menghindari meluasnya penyebaran virus covid-19.