Kohu-Kohu, Urap Pedas, Asam, dan Gurih dari Maluku

Kohu-Kohu, Urap Pedas, Asam, dan Gurih dari Maluku

Taat chef Bara, tiap keluarga dalam Ambon, Maluku punya versi kohu-kohu sendiri.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Nusantara sebenarnya adalah surga para vegetarian. Setiap daerah memiliki makanan yang terbuat dari sayuran, baik itu matang atau mentah.

Bener sekali, Indonesia adalah surga para vegetarian, ” kata chef dan setia buku, Bara Raoul Pattiradjawane di dalam acara virtual Jakarta Content Week, disimak di Jakarta, Rabu (11/11).

Sebagai orang yang kerap melakukan perjalanan ke berbagai daerah, Bara memiliki makanan favorit. Kohu-kohu khas Ambon menjadi lupa satunya.

“Kohu-kohu ini urap dari Maluku, ” perkataan dia.

Kohu-kohu selalu bisa menjadi pilihan bagi vegetarian dengan sedikit penyesuaian bahan. Aslinya, menurut Bara, kohu-kohu menggunakan ikan asar atau asap.

Bara lalu mengenang perjalanannya ke Ambon. Ia pernah tinggal di panti satu keluarga. Saat itu, dia disuguhi kohu-kohu yang dimasak tepat di depan mata.

“Istrinya langsung buat kohu-kohu dalam depan kami dari ikan dengan diasap. Sedap betul , ” kata dia.

Bara mengatakan, setiap keluarga punya versi kohu-kohu. Karena itu, dia ingin mendirikan kohu-kohu versinya yang menyerupai keterangan asli di Ambon.

Bara menggunakan kelapa parut yang sudah disangrai 10 menit dengan api sedang, bawang merah, cabai rawit dan keriting, kacang panjang, tauge besar agar renyah, kemangi, kacang kenari, lemon cui, ikan asar (misalnya cakalang) 400 gram disuir-suir, kasbi atau singkong, mengikuti kacang kenari yang sudah disangrai.

Bara tidak memakai takaran tertentu dalam demo masa Kohu-kohu. Alasannya, takaran mata telah cukup untuk sebuah makanan. Pula tak ada benar salah ataupun takaran tertentu dalam membuat hidangan.

Untuk membuat kohu-kohu, pertama, iris-iris bawang merah. Biji kecil-kecil kacang panjang. Jika tak suka menyantap sayur mentah, Panas menyarankan untuk merendam kacang panjang di air panas selama 10 detik. Sementara untuk bawang merah, dia menyarankan untuk merendamnya di air dingin untuk menghilangkan getahnya.

Kedua, uleg cili rawit dan merah keriting, tambahkan garam, dan gula jika suka. Kohu-kohu memilihi rasa pedas, asam, dan gurih.

Kemudian, goreng kasbi. Sembari menunggu sampai, campurkan semua bahan-bahan dalam wadah.

Masukkan sambal & bawang merah. Setelah tercampur, masukkan kelapa parut. Tambahkan garam bila dirasa kurang. Masukkan potongan kacang panjang dan ikan asar.

Menurut Bara, ikan asar harus mendominasi campuran. Tuangkan perasan lemon cui secukupnya, aduk licin.

Masukan tauge, kacau lagi. Terakhir, masukan kemangi, kacau sebentar lalu hidangkan di piring. Taburkan kacang kenari. Susun kasbi dipinggir hidangan.

Bara mengatakan, kohu-kohu memiliki rasa yang segar dan pas dinikmati terang hari di pinggir pantai. Biasanya, kohu-kohu dinikmati secara berkelompok dan dimakan menggunakan tangan.