Kebakaran Melanda Gudang Bijih Pala PTPN IX

Kebakaran Melanda Gudang Bijih Pala PTPN IX

Ada sebanyak 4 ton bijih pala dengan tersimpan di dalam gudang itu ikut terbakar.

REPUBLIKA. CO. ID, UNGARAN — PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) mastikan tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran di gudang pala, yang berlokasi di kompleks kebun Ngobo Afdeling Gebugan, Desa Gebugan, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (17/10) malam.

Kendati sejenis, bangunan gudang untuk menyimpan biji buah pala berikut isinya mengikuti ludes terbakar. Dugaan sementara, sumber api berasal dari tungku pemarah yang ada di gudang itu.

Besar Bagian Operasional PTPN IX, Dr Budiono SH MH dalam keterangannya menegaskan, api yang membakar gudang bijih pala di kebun Ngobo Afdeling Gebugan PTPN IX kala pertama terlihat pada Sabtu petang sekitar pukul 18. 30 WIB.

Aparat di lokasi yang mengetahui lekas melaporkan kejadian tersebut kepada sebanyak pejabat di PTPN sekaligus men sentra bantuan dukungan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang.

Api yang cepat tumbuh selanjutnya membakar seluruh bangunan gudang, termasuk bijih pala yang terseimpan di dalamnya. “Total ada sebesar 4 ton bijih pala yang tersimpan di dalam gudang tersebut ikut terbakar, ” ujarnya, pada keterangan tertulis, Ahad (18/10).

Saat api terus membesar & membakar seluruh bagian gudang, lanjut Budiono, petugas yang ada pada lokasi bersama- sama dengan petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi terus berupaya mengendalikan obor.

Api yang membakar gudang tersebut anyar bisa dikendalikan dan dipadamkan dua jam kemudian atau sekitar memukul 20. 30 WIB dan semesta bangunan gudang berikut barang yang ada di dalamnya sudah habis terbakar.

Meski begitu, kebakaran gudang di kebun Ngobo Afdeling Gebugan itu tidak sampai mengakibatkan korban sukma. “Untuk kerugian materiil akibat kebakaran hingga saat ini masih dikonfirmasi, ” lanjutnya.

Sementara itu, masih sebutan Budiono, sumber api diduga bermula dari tungku pemanas yang berkecukupan di lokasi yang terbakar. Tetapi begitu, upaya penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran sudah dilakukan bersama dengan aparat yang berwenang.

Sedangkan terkait kebakaran ini PTPN IX juga telah mengambil beberapa kesibukan internal. Antara lain meminta data kepada para petugas yang berjaga maupn yang berada di dekat lokasi kebakaran.

Sebelumnya, gudang penyimpanan bijih pala yang berasal dari parak Ngobo Afdeling Gebugan tersebut melalak. Api yang cepat membesar sudah menghanguskan bangunan gudang berikut isinya.

Kebun afedling Gebugan tersebut, selama itu merupakan salah unit kebun PTPN IX yang menghasilkan bijih pala dan merupakan dengan usaha mulut berupa minyak pala serta sirup buah pala.