042862000-1615801936-830-556

Karakter UMKM Harus Melek Digital, Ini Alasannya

Pandemi Covid-19 sudah mengubah banyak hal, termasuk perilaku dan lifestyle konsumen

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Perubahan perilaku konsumen di dalam masa pandemi Covid-19 telah membuat para pelaku usaha dituntut untuk mampu mengangkat teknologi. Mengabaikan teknologi di mengembangkan usaha maka mau membuat laju bisnis tidak mampu tumbuh secara pesat.

“Inilah alasannya mengapa pelaku usaha, khususnya UMKM harus bisa melek teknologi. Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal, tercatat perilaku dan lifestyle konsumen, ” kata Alief Wahyu, salah satu pendiri dibanding start-up ayobertindak. com di wawancaranya kepada wartawan pada Jakarta, Jumat (19/3).

Alief mengatakan dalam memasarkan produk tak hanya bergantung pada ruang virtual yang tersedia pada marketplace. Ia pun mengajukan agar para pelaku cara UMKM untuk memperkuat citra usahanya dengan menyiapkan posisi resmi.

Secara adanya situs resmi ini, kata dia, akan bertambah memudahkan konsumen dalam memutuskan produk yang dicari. Selain itu, memudahkan produk terlihat oleh calon konsumen dengan berselancar di dunia maya dengan adanya jejak digital dari situs resmi.

“Memiliki jejak digital yang baik di mesin pencarian saat ini seperti sebuah keharusan. Salah satu strateginya adalah memiliki sendi digital atau website yang di dalamnya dapat memperkuat reputasi perusahaan, ” kata pendahuluan alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Ketika semua perilaku pelaku usaha maupun konsumen sudah semakin berubah dengan mengarah pada pemanfaatan teknologi informasi digital, Arief mengatakan, di sanalah dibutuhkan diferensiasi dengan menonjolkan keunggulan produk.

“Di sinilah situs usaha itu menjadi benar diperlukan untuk menyajikan keunggulan-keunggulan yang bersifat unique. Posisi atau website ini tamsil etalase di ruang virtual yang akan memudahkan pembicaraan dan komunikasi dengan para calon konsumennya, ” tuturnya.