Beban Cukai Aceh Gagalkan Masuknya Rokok Ilegal Asal Thailand

Beban Cukai Aceh Gagalkan Masuknya Rokok Ilegal Asal Thailand

Kerugian negara akibat masuknya cerutu ilegal asal Thailand sebesar Rp 11 miliar

REPUBLIKA. CO. ID, BANDA ACEH — Di tengah mewabahnya Virus Corona (COVID-19) di Indonesia, sinergi Kanwil Bea Cukai Aceh, Imbalan Cukai Lhokseumawe, Kanwil Bea Cukai Kepulauan Riau (Kepri) dan Markas Sarana Operasi Tanjung Balai Karimun (PSO TBK) berhasil menggagalkan jalan penyelundupan rokok impor ilegal pokok Thailand sebanyak 10. 200. 000 batang di Perairan Tanjung Jambo Aye, Aceh Utara. Dalam kejadian ini, kerugian yang dialami negeri dari sektor perpajakan mencapai Rp 11. 346. 225. 000.

Sinergi menyerbu rokok ilegal ini bermula daripada Kanwil Bea Cukai Aceh dengan mendapat informasi dari masyarakat bahwa terdapat upaya pemasukan rokok gelap asal Thailand melalui perairan Aceh, lalu ditindaklanjuti dengan meneruskan keterangan kepada tim kapal patroli bahar Bea Cukai BC 30004 dengan sedang melakukan patroli di perairan pantai timur Provinsi Aceh.

Ahad (29/3) lalu, jam 11. 00 WIB, tim pesawat patroli BC 30004 yang diawaki oleh Kanwil Bea Cukai Kepri dan PSO TBK mendapatkan tambahan informasi bahwa ada sebuah pesawat yang sedang mengapung di lautan Tanjung Jambo Aye. Kemudian awak berhasil menemukan kapal target di Perairan Tanjung Jambo Aye.

Dalam operasi ini, Tim Kanwil Bea Cukai Kepri serta PSO TBK mengamankan 3 orang pelaku berinisial SDL (53 Tahun), MSL (42 tahun), dan AD (20 Tahun) yang mengangkut 1. 020 karton yang berisi cerutu polos (tidak dilekati pita cukai) asal Thailand yang disembunyikan dalam palka depan, buritan, dan sekitaran kapal. Kapal KM. Seroja dengan dinakhkodai oleh SDL ini tak dapat menunjukkan dokumen kepabeanan dengan sah, sehingga tim menarik KM. Seroja, muatannya maupun awaknya menuju Pelabuhan Krueng Geukueh, Lhokseumawe buat dilakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Bea Cukai akan tetap melakukan pengawasan secara ketat kepada peredaran rokok ilegal, meskipun pada tengah isu mewabahnya virus corona guna mengamankan penerimaan negara yang pada akhirnya akan dimanfaatkan kembali oleh masyarakat. Bea Cukai meminta agar masyarakat dapat turut berperan aktif dalam menginformasikan kepada pihak yang berwenang jika menemukan kesibukan mencurigakan khususnya terkait penyelundupan rokok ilegal.