Bappenas: Jaminan dan Layanan Sosial Asi Semua Warga

Bappenas: Jaminan dan Layanan Sosial Asi Semua Warga

Kalender jaminan sosial mengusung konsep gotong royong dan subsidi silang.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Kementerian Perencanaan Pendirian Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyoroti pentingnya jaminan baik dan pelayanan sosial bagi masyarakat miskin. Adapun jaminan sosial mencakup kesehatan, hari tua, pensiun, kematian, pengangguran, perawatan jangka panjang, dan tapera.

“Pendudukan dengan penghasilan tinggi sampai dengan miskin kronis, jaminan sosial tujuannya mendapatkan kesehatan bagi masyarakat, hari sampai umur, pensiun, pengangguran, perawatan jangka lama, tabungan perumahan, ” Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat berkunjung ke Kantor Republika , Senin (20/7).

Menurutnya pelayanan sosial mencakup agenda kesehatan anak terintergasi, layanan lansia dan penyandang disabilitas, serta objek bencana.

“Jaminan baik dan pelayanan sosial, sebenarnya ada konsep gotong royong dan sumbangan silang untuk semua tingkat penerimaan penduduk, ” ucapnya.

Suharso menyebut jaminan sosial dan pelayanan sosial berlaku bagi kelompok tingkat pendapatan atas, menegah, menuju menegah, rentan hingga miskin kritis.

“Jadi jaminan sosial tidak membedakan tingkat pendapatan. Ikatan rentan ke bawah, negara ada memberikan penerima bantuan iuran kesehatan, iuran ketenagakerjaan, kemudian dimasukkan ke dalam BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, ” jelasnya.