Asosiasi Top Inggris Ajukan Lagi Rencana Pergantian 5 Pemain

Asosiasi Top Inggris Ajukan Lagi Rencana Pergantian 5 Pemain

Syarat agar proposal itu lulus harus disetujui oleh 14 perkumpulan

REPUBLIKA. CO. ID, LONDON — Enam konsorsium papan atas Liga Primer Inggris dilaporkan melakukan upaya ketiga kalinya untuk mengubah aturan pergantian pemeran, dari tiga menjadi lima. Kiprah ini diambil untuk mencegah pemain inti bertumbangan akibat cedera sebab bermain terlalu sering.

Klub-klub Liga Inggris sudah menggelar pemungutan suara Agustus dan September cerai-berai, menyusul proposal untuk menambah jumlah pergantian pemain musim ini. Namun, pemungutan suara didominasi oleh perkumpulan yang menolak proposal tersebut, secara 11 banding 9 suara. Tatkala syarat agar proposal itu lulus harus disetujui oleh 14 konsorsium.

Dikutip dari Daily Mail , Senin (14/12), klub-klub papan atas kian marah dengan atasan Liga Primer karena tak cepat berusaha menambah slot pergantian pemeran, yang sempat diimplementasikan pada akhir musim lalu. Gerakan ini dikabarkan akan dipimpin oleh Juergen Klopp dan Pep Guardiola.

Agenda pembahasan tersebut akan dibahas pada tengah minggu ini, selama rapat oleh 20 klub. Pertemuan itu dilakukan sesudah kepala Asosiasi Pesepak Bola Cakap Inggris (PFA) Gordon Taylor terlibat dan mendesak bos Liga Pokok untuk menolak klub yang tak menerima usulan menambah jumlah pancaroba pemain.

Taylor menetapkan menambah jumlah pergantian pemain merupakan kepentingan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan tubuh pesepak bola. “Kami sangat kacau dan masih khawatir soal beban fisik pemain yang sekarang diminta untuk bermain setiap dua ataupun tiga hari, ” kata Taylor.