8

8. 034 Warga Sulut Sudah Kerjakan Tes Cepat Covid-19

Tes cepat ini dilakukan sebab gugus tugas provinsi hingga kabupaten dan kota.

REPUBLIKA. CO. ID, MANADO — Sebanyak 8. 034 warga Sulawesi Utara sudah dilakukan rapid test ataupun tes cepat untuk memeriksa apakah sampelnya reaktif atau nonreaktif Covid-19. “Tes cepat ini dilakukan oleh gugus tugas provinsi hingga kabupaten dan kota, ” ucap Ujung Bicara Gugus Tugas Penanganan Penyaluran Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel di Manado, Jumat (24/4).

Dari 8. 034 yang sudah menjalani tes cepat, total reaktif 95 sampel. Sejak 95 sampel reaktif tersebut, sebesar 82 orang telah diambil swab untuk diperiksa real time Polymerase Chain Reaction (PCR). Sementara 13 orang akan diambil swab lalu.

Steaven menambahkan, daripada 95 sampel reaktif tersebut, sebanyak 21 sampel dinyatakan positif Covid-19, sementara negatif sebanyak 24 contoh. “Masih ada sebanyak 37 swab yang masih kami tunggu hasilnya, ” jelasnya.

Gubernur Olly Dondokambey mengumumkan secara resmi kasus pertama positif Covid-19 di dalam tanggal 14 Maret 2020 berantakan. Beragam langkah terus dilakukan pemerintah provinsi mulai dari sosialisasi, menggunakan kebijakan anggaran (realokasi) dan sandaran hingga menerbitkan pergub.

sumber: Jarang